Potret Wisata Bahari Pulau Panjang Jepara

Potret Wisata Bahari Pulau Panjang

Sudut Keindahan Pesisir Pantai di Pulau Panjang
Keindahan pantai di Pulau Jawa memang tidak diragukan lagi, tak hanya deretan pantai selatan yang eksotis dengan ombak dan bukitnya. Pantai utara Pulau Jawapun tak kalah menawarkan keindahan yang patut kita kunjungi. Pantai utara  terkenal dengan ombak yang begitu tenang serta suasana pesisir dan kolaborasi keindahan pantai, pasir dan langit yang terlukis begitu rapi. Destinasi wisata pantai utara yang recomended  yaitu pantai di Jepara, tidak diragukan lagi bahwa Jepara merupakan surganya wisata pantai khususnya di pantai utara, tidak hanya Pulau Karimunjawa saja yang ada di Jepara. Masih ada surga kecil yang tersimpan di daerah Jepara yaitu Pulau Panjang. Nama Pulau Panjang mungkin belum sepopuler Pulau Karimunjawa, tapi wisata alamnya tetap mempesona.

Pintu Masuk Pulau Panjang- Fieldtrip Teknik Lingkungan Undip
Lokasi Pulau Panjang berada di Kelurahan Ujung Batu, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Pulau Panjang merupakan pulau-pulau kecil yang tidak berpenghuni dengan luas sekitar 19 hektar.Pulau Panjang mempunyai banyak keistimewaan yaitu mempunyai pasir putih dikelilingi perairan yang begitu jernih serta banyaknya terumbu karang yang melengkapi kesempurnaan dari Pulau Panjang. Pada bagian tengah pulau ini terdapat hutan tropis yang memiliki pohon tinggi yang  menjulang serta terdapat perdu dan semak sebagai tempat burung laut berkembang biak. Untuk flora yang terdapat pada pulau ini didominasi oleh asam jawa, dadap, pohon randu, serta pinus di sebelah timur yang umurnya ratusan tahun. Jadi buat pecinta pantai tempat ini sangat cocok buat kalian, jangan lupa mengabadikan keindahan alam di tempat eksotis bersama orang-orang tercinta. Dijamin bakalan rugi ketika kita tidak mengambil gambar di Pulau Panjang.
 
Perahu Penyeberangan Menuju Pulau Panjang 
Untuk menyeberang ke Pulau Panjang, kita dapat melalui Pantai Bandengan, Pantai Kartini atau Pantai Prawean. Dermaga penyeberangan dari Pantai Kartini ke Pulau Panjang dan ke Karimunjawa memiliki perbedaan. Di sana juga terdapat papan petunjuk dermaga kapal untuk menuju ke Pulau Panjang. Kita juga bisa menikmati sunset pada kapal terakhir untuk kembali ke Pantai Kartini yaitu sekitar pukul 17.00 WIB . Untuk menyeberangi Pulau Panjang, kita dikenakan retribusi sebesar Rp13.000 (PP), menggunakan kapal kayu berkapasitas 10-15 orang dari Pantai Kartini. Waktu tempuh dari dermaga ke Pulau Panjang membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Ketika dalam perjalanan menuju Pulau Panjang suasananya sangat mengasyikan, kita bisa melihat keindahan-keindahan lainnya di sepanjang pantai, menikmati jernihnya air yang bergelombang, dilengkapi dengan suara angin yang begitu menambah gairah untuk berkeliling Pulau Panjang.
Mahasiswa Teknik Lingkungan Sedang Menanam Pohon di Area Pulau Panjang

Pulau Panjang juga dijadikan sebagai ekowisata, yaitu untuk menjaga kelestarian daerah pesisir maka di sepanjang pulau ditanami mangrove untuk mencegah abrasi. Jadi ketika berkunjung ke Pulau Panjang selain mendapatkan keindahan alam kita juga bisa menanam mangrove sebagai salah satu bentuk kontribusi untuk menjaga kelestarian lingkungan di daerah pesisir.

Comments