Potret Keindahan Pantai Selatan Kebumen


Kabupaten Kebumen mungkin terdengar asing untuk sebagian orang dibandingkan kabupaten-kabupaten yang lebih maju dan besar. Jujur saja kabupaten ini mobilisasinya masih rendah dan kotanya sangat sederhana tak ada gedung-gedung tinggi, mall, bioskop,KFC, dsb. Mungkin bagi sebagian kalangan  Kabupaten ini tidak menarik untuk dikunjungi tapi ingat Tuhan maha adil atas segala sesuatunya.  Tuhan menganugerahkan keindahan alam yang sangat istimewa untuk Kebumen dibandingkan yang lain.Coba kita lihat dari sisi lain jangan hanya memandang sebelah mata saja.  Pantai selatan yang berjejer begitu indah dan menawan dengan hamparan pasir putih yang melengkapinya seolah-olah surga dunianya Jawa Tengah bahkan Indonesia berpusat disini. Mengeksplore kekayaan alam nan mempesona milik Kebumen memang tidak ada habisnya sebut saja deretan pantai selatan mulai dari timur Pantai Rowo, Bocor, Petanahan, Suwuk, Karangbolong, Pasir, Manganti, Karangagung, Ayah, hingga sampai pantai diujung barat yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Cilacap yaitu Pantai Logending. Semua pantai tersebut memiliki keistimewaan masing-masing dan selalu menjadi daya tarik para wisatawan local maupun non local.

1. Pantai Rawa
Pantai ini disebut Rawa karena terdapat rawa sebelum kita melihat indahnya lautan kita harus melewati rawa dan gundukan pasir seperti di daerah timur tengah, denga hutan cemara yang begitu rimbun. Selain demi meneduhkan, hutan cemara udang berguna untuk membentengi pesisir dari ancaman abrasi, terjangan tsunami dan meredam terpaan kencang angin samudera yang membawa debu pasir halus. Pepohonan cemara udang di Pantai Rawa sudah tumbuh tinggi dan sepertinya mulai menampakkan fungsinya.

2. Pantai Bocor dan Petanahan

Dari Pantai Rawa kita bisa berjalan ke barat dan menemukan pantai dengan ciri khas yang berbeda, di pantai bocor ini sangat cocok untuk melihat terbenamnya matahari yang begitu indah didukung oleh deretan warung-warung kecil di sepanjang pinggiran pantai. Bersebelahan dengan pantai ini terdapat pantai Petanahan yang tidak kalah menawan dengan pantai lainnya dengan pembangunan yang mulai terjamah dan pohon-pohon disepanjang pantai.
3. Pantai Suwuk dan Pantai Karangbolong

 Pantai Suwuk merupakan salah satu pantai di Kebumen yang pembangunannya sangat pesat, namun hal ini tidak mengurangi nilai alamnya yang begitu eksotis dengan deretan pegunungan didekat pantai. Arena bermain dan kebun binatang seakan menjadi daya dukung pantai ini, kuda yang begitu memikat terlihat begitu bergairah mengangkut penumpang. Muara yang ada di dekat pantai ini seakan menjadi pembatas dengan pantai Karangbolong, hanya bermodalkan perahu kecil kita bisa menyebrang sampai pantai karangbolong. Di pantai ini terdapat gua yang akan menembus ke sebuah pantai yang begitu indah dan memiliki nilai sejarah yang tinggi. Kunjungan ke pantai ini memiliki grafik peningkatan yang drastic karena keindahannya yang luar biasa.


4. Pantai Pasir
Sebuah pantai yang terletak di daerah pegunungan dengan batu-batuan yang menghiasinya dan pasir putih yang seolah-olah memberikan nyawa untuk pantai ini yang masih sepi akan pengunjung. Pantai di puncak pegunungan ini belum terlalu tereksplore karena sarana untuk ke tempat ini melewati jalanan yang cukup ekstreme . Pantai yang diramaikan oleh kapal-kapal nelayan dan pemecah ombak ini merupakan tempat favorite untuk mengabadikan potret keindahan alamnya



5. Pantai Menganti

Pantai yang memiliki daya tarik sangat kuat adalah panatai Menganti karena pantai ini terletak di bawah pegunungan di selatan Kebumen. Pasir putih yang begitu masih alami menjadi nilai tambah tempat ini. Semakin kita menuju puncak pegunungan semakin terlihat indah pantai Menganti ini. Surga dunia seolah-olah berpusat di pantai yang memiliki charisma yang luar biasa. Pantai yang menjadi rekomendasi untuk dikunjungi, karena tidak akan menyesal jika kita berkunjung ke tempat ini. Jika kita ingin pemandangan yang leboh keren, eksotis, dan menakjubkan, para penelusur bisa naik ke bukit yang berada di sisi timur pantai. Di puncak bukit ini juga tertdapat mercusuar setinggi 20meter yang di dirikan para Belanda di tahun 1912-1915. Di lokasi ini para penelusur bisa menikmati seluruh kawasan pantai dengan lekuk-lekuk bukit karang yang membentang dan di padukan birunya air samudra

6. Pantai Agung
Tiga pantai yang berjejer di daerah pegunungan memenag memilki keistimewaan dibandingkan yang lain, pantai karangagung memiliki view yang sangat indah namun belum begitu tereksplore bahkan masyarakat sekitar Kebumen belum mengenal pantai ini, karena kurang popular dan sulit terjangkau. Namun kesulitan itu akan terbayar oleh kemegahan pantai ini. Pantai yang terletak di desa Argopeni Kebumen ini dikelilingi oleh pegunungan dan bebatuan yang menjadi pusat perhatian.




7. Pantai Ayah/ Logending
Pantai yang memiliki pasar dan perahu selalu ramai pengunjung terutama untuk wisata anak sekolah, pantai ini tidak memiliki ombak namun ombaknya relative sangat kecil sehingga cocok untuk berwisata anak-anak, selain itu pantai ini juga menawarkan untuk keliling pantai dengan perahu dan menyebrang ke pasar ikan di Kabupaten Cilacap dengan tarif yang sangat murah. Mata kita pasti akan tertuju pada sebuah jembatan yang menghiasi pantai ini sebagai penyebrangan pantai Ayah dengan Logending dengan barisan pegunungan yang sangat memikat.


Comments

  1. wha kece" yah pantainya mantap abis dah...

    ReplyDelete
  2. rekomendasi liburan buat yg butuh refreshing, aslinya lebih kece :)

    ReplyDelete
  3. Yang pernah aku kunjungi baru dua, pantai Suwuk dan Ayah :-)
    Pengennya yang pantai Menganti, biar bisa lihat dari atas tebing

    ReplyDelete
  4. Emang alam indonesia sangat indah..

    ReplyDelete
  5. MasyaAllah.. indahnya pantai di Kebumen. Liputannya keren mba Novi (y)

    ReplyDelete
  6. Keindahanx begitu memikat, jd pengen melancong ke kebumen......

    Jgn lupa berkunjung d blog aq mba Novi

    ReplyDelete

Post a Comment