Meninggalkan Jejak di Museum Kereta Api Ambarawa untuk Menambah Edukasi

Jika liburan di daerah Jawa Tengah jangan sampai ketinggalan untuk menambah edukasi terkait sejarah bisa berkunjung di Museum Kereta Api Ambarawa .Museum Kereta Api yang terletak di pusat kota Ambarawa sekitar 20 km dari Ungaran, Kabupaten Semarang. Museum Kereta Api Ambarawa dulu merupakan stasiun kereta api yang dialih fungsikan menjadi Museum dan tempat wisata edukasi. Museum Kereta Api Ambarawa memiliki salah satu kereta api uap dengan Lokomotif Nomor B 2502 dan B 2503 buatan Maschinenfabriek Esslingen, kereta api yang pernah berjaya pada zamannya, yang sampai sekarang masih dapat menjalankan aktivitas sebagai kereta api wisata. Lokomotif No B 2502 ini dengan kelengkapan Kereta api uap bergerigi ini sangat unik dan merupakan salah satu dari tiga yang masih tersisa di dunia. Dua di antaranya ada di Swiss dan India. Selain koleksi-koleksi kereta tadi juga ada berbagai macam jenis lokomotif uap dari seri B, C, D hingga jenis CC yang paling besar (CC 5029, Schweizerische Lokomotiv und Maschinenfabrik) di halaman museum.
Stasiun Kereta Api Ambarawa
Stasiun Kereta Api ini didirikan karena untuk permintaan dari King William I. Ini sebelumnya digunakan untuk mengangkut pasukan. Namun pada tahun 1970, stasiun ini ditutup. Sebagai hasilnya, jalur dari Magelang – Semarang – Yogyakarta tersebut sudah tidak ada lagi. Pada tahun 1976, Gubernur Jawa Tengah, Soepardjo Roestam, mengubah fungsi stasiun ini menjadi Museum Kereta Api. Meskipun kelihatannya tua, namun bangunan dan semua peralatan yang masih terpelihara dengan baik. Suasana ini tampaknya membawa pengunjung ke masa kejayaan kereta dari Nederlandsch-Indische Maatschappij Spoorweg. Museum yang berada di Jalan Stasiun No 1, Ambarawa, ini memiliki koleksi langka. Yakni kereta uap bergerigi. Konon, kereta ini hanya ada tiga di dunia. Dua lainnya berada di Swiss dan India.Museum yang di zaman Belanda merupakan stasiun kereta api bernama stasiun Willem I ini meletakkan koleksi lokomotif di sekitar bangunan utama.

Salah satu Kereta di Museum


Yuk berwisata sambil menambah edukasi dan sejarah terkait peninggalan yang ada di Museum Kereta Api Ambarawa ini. Kapan lagi foto dengan background yang unik dan artistik, kalian sebagai bangsa Indonesia harusnya bangga, kenapa? karena dizaman sekarang ini masih ada tempat wisata yang berwawasan dan edukatif. Selain itu kalian juga bisa menikmati fasilitas lain yang sudah disediakan seperti berkeliling dengan menggunakan kereta. Untuk berwisata sambil naik kereta harus memperhatikan jam pemberangkatannya yaitu pukuli 10.00, 12.00 dan terakhir 14.00 sungguh tempat wisata yang menarik dan wajib dikunjungi. Untuk pilihan kereta kalian bisa juga memilihnya yaitu menggunakan kereta api uap atau kereta diesel kuno, sedangkan untuk rute yang dipilh yaitu Ambarawa-Tuntang yang memberikan berupa view yang begitu indah dan eksotis berupa pemandangan gunung dan melintasi kawasan perairan Rawa Pening. Sedangkan untuk rute lainnya yaitu Ambarawa-Bendono yaitu tidak kalah menawarkan keindahan alam berupa sebuah perbukita, Gunung Ungaran, Gunung Merbabu yang menjulang begitu tinggi.


Melintasi area persawahan yang begitu indah




Comments