Sudut Terindah di Jawa Tengah

Tahukah Anda banyak sekali tempat wisata yang menarik untuk di kunjungi di Jawa Tengah, banyak sekali wisatawan yang berkunjung tidak hanya dari local tetapi banyak juga yang merupakan wisatawan mancanegara. Sebagai sebuah Provinsi yang diapit oleh Jawa Barat dan Jawa Timur, kondisi infrastrutur di Jawa Tengah tergolong baik yang menghubungkan antar kota dan antar desa. Provinsi yang beribukota di Semarang ini merupakan daerah yang terkenal dengan pusat kebudayaan Jawanya sebut saja Kraton yang berada di Solo walaupun di era yang modern ini keberadaannnya masih tetap eksis di mata dunia.
Oleh sebab itu budaya masyarakat local adalah salah satu karakter unik dari sejumlah tempat wisata di Jawa Tengah yang dapat kalian temukan. Solo merupakan daerah yang terletak di Jawa Tengah dimana budaya jawanya masih sangat terasa, kerajinan batik di Solo bahkan terkenal hingga ke mancanegara. Selain itu di Jawa Teengah juga mempunyai World Heritage oleh UNESCO, yaitu Candi Borobudur di Magelang dan situs Sangiran di Sragen.
Banyak tempat wisata yang menjadi sasaran wisatawan di Jawa Tengah mulai dari pegunungan, pantai, museum, atau pemandangan yang begitu memanjakan mata. Berikut tempat wisata yang menjadi recommended pada saat liburan

1. Lawang Sewu di Semarag

Bangunan ini tergolong bangunan kuno peninggalan Belanda, sebuah tempat wisata yang popular di jawa Tengah memiliki banyak pintu terhitung 429 buah dengan 1200 daun pintu. Tempat wisata ini kerap dijadikan sebagai tempat pre-wedding bagi sebagian pasangan yang hendak menikah

2. Kota Lama Semarang ( Little Netherland)
Tempat wisata ini paling cocok bagi kalangan pecinta photography dan sejarah. Kareana Anda dapat menemukan tata bangunan berarsitektur Eropa. Objek wisata ini dijuluki sebagai “Little Netherland”. Landmark paling menarik di kawasan Kota Lama adalah Greja Blenduk sebuah bangunan berusia 2,5 abad. Selain Greja Blenduk, Kawasan Stasiun Tawang adalah landmark lain yang harus Anda kunjungi. Menikmati suasana Kota Lama Semarang pada malam hari adalah salah satu cara terbaik di tempat ini.

3. Keraton Kasunan Surakarta Hadiningrat Solo
Keraton ini didirikan pada tahun 1744 oleh Sunan Paku buwono II, kini menjadi sebuah tempat yang menyimpan banyak nilai sejarah. Pada bagian keratin yang disebut Panggung Sanggabuwana, konon disitulah Susuhan bersemedi dan bertemu Nyai Roro Kidul penguasa Pantai Selatan

4. Kampung Batik Laweyan Solo

Inilah salah satu pusat batik di kota Solo, di Kampung batik Laweyan Anda akan mendapati kesan arsitektur Eropa yang sangat megah dan berdiri kokoh.

5. Taman Nasional Karimun Jawa di Jepara


Karimunjawa adalah sebuah cagar alam laut yang dilindungi , sebuah destinasi wisata yang popular di Indonesia .Karakteristik pantainya memiliki hamparan pasir putih dengan garis pantai yang panjang. Selain itu olahraga air seperti menyelam, sborkling, memancing atau berenag merupaka pilihan menarik lainnya di Karimunjawa.

6. Candi Borobudur di Magelang
Candi Borobudur

Inilah situs unik dengan keindahan panorama yang menawan, struktur bangunan yang mengagumkan, serta nilai seni dan religi yang begitu tinggi. Tempat wisata ini adalah salah satu landmark Magelang paling popular di dunia yang telah dinyatakan sebagai World Heritage Sites oleh UNESCO, dan menjadi destinasi wisata popular di Indonesia.Terdapat 1460 relief dan 504 Stupa Budha di kompleks Candi Borobudur.

7. Ketep Pass di Magelang 
Ketep Pass
Di tempat inilah Anda dapat menikmati pemandangan gunung dan bukit yang begitu indah tak kalah pula hamparan pertaniannya yang menarik. Dari Ketep Pass Anda dapat menyaksikan luncuran awan panas gunung Merapi secara langsung. Ketep Pass memiliki sejumlah fasilitas yang menarik diantaranya Museum Vulkanologi, Bioskop mini, Teropong, gardu Pandang dan Pelataran Panca Arga. Di Pelataran Panca Arga Anda dapat menyaksikan lima gunung sekaligus yakni Merapi, Merbabu, sindoro, Slamet dan Sumbing.

8. Baturaden di Banyumas
Terletak di lereng selatan Gunung Slamet, memiliki pemandangan alam yang luar biasa indah dengan hawa udara yang sejuk. Salah satu yang terkenal di Baturaden adalah pemandian air panasnya yang selalu ramai yaitu Pancuran Pitu. Tempat wisata di Banyumas ini memili hutan alam yang hijau.

9. Dataran Tinggi Dieng di Wonosobo
Si Kunir

Telaga Warna
Wisata Dieng adalah salah satu pesona alam yang sangat memikat yang ada di Wonosobo. Objek wisata ini terkenal dengan julukan “persemayaman dewa-dewi”. Di kawasan wisata dieng ini, Anda dapat menemukan Landmark paling memikat. Mulai dari candi-candi Hindu, Bukit Sikunir Dieng, Telaga Warna Dieng higga sumur Jalatunda
10. Museum Purbakala sangiran di Sragen

Sangiran adalah situs arkeologi manusia purba paling lengkap di Asia dengan fasilitasnya yang mampu member informasi sejarah kehidupan manusia purba . Terdapat 13809 koleksi fosil manusia purba. Sehingga Sangiran dinyatakan UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia (World Heritage).

11. Museum Kereta Api Ambarawa

Salah satu tempat menarik di Jawa Tengah yakni Ambarawa. Hanya 30 menit dari Semarang Anda akan tiba di Ambarawa. Disinilah tempat yang paling tepat untuk merasakan area pedesaaan selain itu Anda akan menemukan Museum Kereta Api Indonesia yang merupakan peninggalan Belanda. Museum ini memili koleksi 21 lokomotif tua
12. Goa Petruk
Goa Petruk

Goa yang terletak di Kabupaaten Kebumen ini merupakan goa terpanjang di kawasan Asia panjangnya bisa mencapai 2km yang bisa menembus pegunungan. Tidak hanya anak negri yang mengakui keindahan alamnya dimata duniapun goa ini terlihat begitu menarik. Dengan batu stalagtit dan stalagmite yang beragam bentuk menambah keunikan wisata ini

13. Pantai Manganti di Kebumen
Pantai Manganti

Pantai ini merupakan pantai terindah di Jawa Tengah, pasir pantainya berwarna putih serta terdapat panorama perbukitan dan tebing karst yang indah. Pantai Manganti mempunyai tebing raksasa yang tinggi yang disebut tebing bidadari. Disini bisa melihat luasnya Samudra Hindia dan sebuah pulau karang .

Comments