Analogi Sukses Seperti Permainan Catur

Kehidupan dianalogikan seperti permainan catur. Kita hidup bersatu bersama keluarga untuk meraih kesuksesan tapi ada banyak penghalang yang harus kita taklukan yaitu bayangan kita sendiri. Kita berdiri kokoh diatas kotak hitam putih dimana dalam kehidupan ini selalu mempunyai sisi hitam dan putih yang berdampingan.
Untuk meraih sebuah kesuksesan kita butuh bekerjasama dengan orang lain, dimana setiap orang mempunyai tugas dan jalan masing-masing yang harus dikerjakan, demikian pula dengan permainan catur setiap buah anak catur mempunyai jalan yang berbeda-beda untuk menjaga dan untuk 
 menyerang demi sebuah kemenangan.  Ada 8 buah pion kecil yang berdiri di barisan depan mereka dengan langkah kecilnya yang pasti akan selalu melangkah maju, hebatnya mereka dalam kondisi apapun tidak pernah melangkah mundur, begitu juga dengan anak kecil yang akan selalu berusaha maju dalam mewujudkan cita-cita walaupun banyak rintangan besar dihadapinya, tapi dengan langkah pastinya itu suatu saat mereka bisa berubah menjadi besar.



Kehidupan ini bagaikan sebuah teka-teki yang sulit untuk ditebak, jika kita dalam menjalani kehidupan ini dengan tergesa-gesa tanpa berpikir dan strategi maka semuanya akan kacau dan langkah kita akan  tanpa tujuan. Dalam melakukan segala sesuatunya langkah awal menjadi pedoman untuk kita melangkah selanjutnya, karena satu langkah kita menuju kesalahan akan berdampak untuk langkah setiap orang. Hal ini juga berlaku dalam permainan catur sebuah strategi dan berpikir matang adalah kunci utama untuk kita menentukan langkah. Karena setiap langkah yang terjadi harus mempunyai tujuan yang pasti.

Jadi pada intinya kesuksesan dapat diraih apabila setiap kita melangkah harus mempunyai tujuan yang pasti sesuai jalan kita masing-masing .

Comments

  1. aku setuju dengan pernyataannya. sukses memang sulit untuk di tebak manusia hanya sebatas berusaha. tetap semangat.

    ReplyDelete
  2. Keren analoginya. Setiap diri kita adalah prajurit yang selalu berjuang demi suatu tujuan!! Sirius lah.. Mampir atuh ke blog sederhana nan bersahaja saya, hehehe.. Salam kenal..

    ReplyDelete

Post a Comment